Rabu, 12 November 2014

Menstruasi Oh Menstruasi





a.    
Semua wanita normal dikaruniai suatu keadaan khusus yang tidak dialami oleh laki-laki yaitu menstruasi. Menstruasi adalah proses peluruhan jaringan-jaringan yang terbentuk di dinding rahim yang seharusnya dipersiapkan untuk kehamilan (bila terjadi pembuahan sel telur oleh sperma). Karena tak terjadi pembuahan, maka daerah dimding rahim yang telah terbentuk jaringan tersebut akan mengalami peluruhan yang akan keluar lewat vagina, yang bernama menstruasi atau biasa disebut haid. Jika terjadi pembuahan, maka tidak kan terjadi peluruhan jaringan dinding rahim, sehingga tidak terjadi haid. Dinding rahim bertahan dengan jaringan-jaringannya yang siap untuk dihuni calon janin hasil dari pembuahan tersebut.
Keadaan itu tentu perlu diperhatikan dan diperlakukan dengan khusus pula. Misalnya wanita harus mengupayakan supaya darah menstruasi atau haid tidak membuat malu, yaitu mengalir bebas menembus pakaian, dengan memakai pembalut. Jika jaman dahulu wanita memakai kain sebagai pembalut, saat ini sudah banyak pabrik yang memproduksi pembalut yang praktis, lebih aman, anti tembus, bahkan yang juga punya khasiat menyembuhkan kelainan atau penyakit tertentu. Jangan sampai terjadi suatu keadaan saat tiba-tiba haid datang, kita tak siap dan menjadi malu di depan orang banyak. maka alangkah lebih baik kita bisa memperkirakan jadwal haid kita, dengan mempelajari ciri-ciri wanita akan menstruasi. Hal ini juga bermanfaat agar wanita mengetahui keadaan dirinya secara psikologis saat menjelang haid yang biasanya berbeda dengan hari-hari biasanya.

a.      Ciri-ciri wanita akan menstruasi adalah

Ciri-ciri wanita akan menstruasi adalah:
1.      Jika pada vagina keluar cairan berlendir berwarna putih dan tidak menimbulkan bau bisa menjadi tanda akan datangnya menstruasi pada wanita. Pada awalnya berwarna putih, dan dalam beberapa waktu kemudian akan menjadi cokelat dengan bau khas (agak amis) yang artinya keputihan telah bercampur dengan sedikit darah.
2.      Keadaan emosi agak lebih sensitif adri biasanya, seperti merasakan suasana hati yang kurang bersahabat dengan aktifitas, mudah marah dengan pemicu yang sepele, dan terkesan cengeng. Hati seakan tidak tenang dan nafas cenderung menjadi lebih cepat.
3.      Adanya perubahan fisik karena perubahan hormonal. Muncul jerawat di wajah karena adanya perubahan hormon. Juga bisa terjadi pembengkakan pada tangan dan kaki, payudara, serta putingnya. Pegal-pegal pada paha dan punggung juga sering menyertai gejala akan menstruasi. Ada juga yang mengalami perubahan pada rambut di area kewanitaan, yaitu menjadi lebih tebal dan kasar dari biasanya.
4.      Rasa sakit dan panas di bagian perut. Ini juga bisa diikuti dengan diare ataupun sembelit, atau mual-mual. Sebagian wanita mungkin mengalami perubahan nafsu makan saat mendekati menstruasi. Ada juga yang mengalami keadaan seperti orang ngidam yaitu ada keinginan untuk mengkonsumsi makanan-makanan tertentu.
Menentukan siklus haid pada bulan berikutnya bisa juga dilakukan dengan cara mencatat di kalender. Caranya:
1.      Hitung jumlah hari antara antara hari pertama periode awal sampai hari pertama periode haid bulan berikutnya. Jumlah hari itu adalah panjang siklus haid Anda. Bagi kebanyakan wanita siklus haid selama 28 hari, tapi ada juga yang berkisar antara 25 sampai 35 hari (Masih tergolong normal).
2.      Keluarnya darah menstruasi bisa berlangsung dari dua hari sampai seminggu, ini dinamakan aliran menstruasi. Timbulnya bercak darah sebelum menstruasi dalam hal ini tidak dihitung.
3.      Dengan mengetahui siklus haid dan aliran menstruasi Anda dapat menggunakan internet untuk menentukan kedatangan menstruasi dengan aplikasi yang sudah tersedia. Meskipun tidak 100% tepat tetapi ini dapat membantu Anda mempersiapkan kedatangan menstruasi Anda.

Mengetahui tanda-tanda akan haid dan jadwal siklus hais tentunya akan lebih baik guna mempersiapakan diri, terutama bagi wanita aktif yang kerapkali berada di luar rumah dan bersama orang banyak. Tentu tak ingin menjadi malu gar-gara Anda sudah waktunya haid tapi tidak siap kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar