Rabu, 12 November 2014

Diet untuk Remaja Kita



      Daftar kegiatan diet aman untuk remaja? Tubuh langsing adalah dambaan semua wanita, termasuk remaja. Berbagai cara dilakukan agar berat badan tetap stabil bagi yang berat badannya ideal, dan bagi yang gemuk akan melakukan diet ketat agar berat badan turun. Tapi, jangan sampai membabi buta ya... sebaiknya usaha mencapai tubuh ideal dilakukan dengan tetap memperhatikan  kesehatan dan kebutuhan tubuh akan zat gizi. Bagaimanapun, tubuh tetap butuh karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan air dalam jumlah yang seimbang. Jangan sampai karena diet justru malah menjadi sakit karena ada zat gizi yang kurang terpenuhi.
a.      Karakteristik Remaja
Begitu banyak remaja puteri yang terobsesi terhadap bentuk tubuh yang langsing. Padahal tips diet untuk remaja harus benar-benar diperhatikan, karena fase remaja termasuk dalam masa pertumbuhan. Remaja membutuhkan banyak energi plus stamina prima agar tetap bugar selama menjalani aktivitas sehari-hari. Umumnya remaja yang merasa kegemukan berusaha menurunkan berat badan dengan cepat melalui diet supet ketat plus olah fisik secara berlebihan. Lalu bagaimana cara mudah membuat daftar kegiatan diet aman untuk remaja?
b.      Daftar Kegiatan Diet Aman Untuk Remaja
Pada intinya daftar kegiatan diet aman untuk remaja adalah mengontrol kebiasaan makan sehari-hari saja.
1.      Minum air yang cukup. salah satu tugas air adalah mengeluarkan semua racun dalam tubuh, dan meningkatkan laju metabolisme. Proses metabolisme yang baik dapat membantu mempercepat penurunan bobot tubuh.
2.      Jangan lupakan sarapan. Sarapan tak dapat dihapuskan dalam tips diet untuk remaja, karena berperan dalam proses metabolisme tubuh, membuat badan tetap bugar meski aktivitas padat.
3.      Mengontrol porsi makan. Tujuannya untuk menjaga agar jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan. Porsi makan berlebihan dapat menjadi tumpukan lemak dalam tubuh. Jika sudah merasa kenyang (bukan kekenyangan), maka hentikan makan.
4.      Menghindari makan yang dipanggang, digoreng, dan susu full cream.
5.      Membiasakan diri makan di rumah. Selain kebersihan terjaga, makan di rumah juga akan memudahkan pengontrolan asupan kalori, sehingga tidak berlebihan.
6.      Olahraga. Jika kegiatan olahraga dilakukan setiap hari, durasi satu jam saja sudah cukup menyehatkan dan membantu penurunan berat badan. Kegiatan olahraga yang bisa dilakukan setiap hari di antaranya adalah menari, berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau lari. Atau bisa juga dipadukan dengan olahraga yang dilakukan seminggu sekali agar tidak jenuh, seperti bulu tangkis, futsal, voli, atau golf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar