Rabu, 12 November 2014

Biasakan Mendongeng Sebelum Anak Tidur




Cerita dongeng buat balita biasanya sederhana, tokoh-tokohnya unik dan mudah diingat. Mengapa balita perlu dibacakan dongeng? Seberapa jauh pengaruh dongeng yang diberikan pada balita? Apakah balita mengerti ketika kita bacakan dongeng ? 
Balita Perlu Perhatian Khusus
Memiliki balita memang menyenangkan, walaupun terkadang ada sedikit kerepotan yang kita alami. Bagi ibu perhatian dengan anak, pastinya selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi anaknya. Selain memenuhi kebutuhan jasmani, anak juga perlu dipenuhi kebutuhan rohani atau psikologinya. Begitu juga dengan balita. Tak hanya memberikan makanan dan perawatan sebaik mungkin, tapi kita juga perlu memberinya stimulan atau latihan-latihan untuk mengasah motorik maupun emosinya agar kelak anak menjadi pribadi yang sehat, cekatan dan peka akan kondisi di sekitarnya.
Beberapa Manfaat Dongeng untuk Balita
            Adakah yang menganggap bahwa mendongeng itu sangat merepotkan di kala tubuh lelah dan ingin segera tidur? Sayang sekali jika itu yang terpikir oleh orang tua yang memiliki anak terutama balita. Padahal cerita dongeng buat balita sangatlah banyak manfaatnya. Apa saja manfaatnya?
1.      Merekatkan hubungan orang tua dan anak;
Saat mendongeng, secara fisik antara orang tua dan anak saling berdekatan. Ini menumbuhkan rasa kasih sayang dan kepercayaan anak pada orang tua makin meningkat.
2.      Mengoptimalkan perkembangan psikologis dan kecerdasan anak secara emosional.
Tak mudah bagi balita mempelajari nilai-nilai moral dalam kehidupan seperti anak-anak yang lebih besar atau remaja. Dengan cerita dongeng untuk balita maka kita bisa memberikan contoh melalui tokoh dalam cerita yang kita dongengkan. Dongeng akan membantu anak menyerap nilai-nilai emosional pada sesama. Juga kan melatih anak akan rasa empati kepada sesama, dengan mengetahui bahwa di dunia ini ada kejadian sedih, ada yang tertimpa musibah, tokoh baik, tokoh jahat, tokoh yang malang, dan sebagainya. Kecerdasan emosional sangat penting bagi kehidupan sosial kelak.
3.      Cara terbaik mengarahkan daya imajinasi balita ke arah positif .
Dunia anak adalah dunia imajinasi. Tak jarang juga seorang anak berbicara dengan teman khayalannya. Maka kita sebagai orang tua harus bisa mengarahkan daya imanjinasi yang sangat bagus itu ke arah yang baik. Salah satunya adalah dengan mendongeng.
4.      Merupakan stimulasi dini yang mampu merangsang ketrampilan berbahasa pada balita.
Perlu kita ketahui bahwa mendongeng pada anak mampu merangsang anak-anak terutama perempuan dalam meningkatkan ketrampilan berbahasa mereka. Kisah-kisah dongeng yang mengndung cerita perilaku positif akan membuat balita menjadi sering mendengar tutur kata yang baik dan sopan, yang kemudian akan diingat dan dipraktekkannya, karena balita adalah peniru ulung.
5.      Meningkatkan minat baca anak
Dengan membacakan cerita dongeng ke balita, akan timbul rasa tertarik dan penasaran terhadap bahan bacaan atau buku yang kita bacakan. Ada keinginan untuk bisa membacanya sendiri sehingga ia tertarik untuk belajar membaca.
            Jadi, jangan lewatkan kesempatan emas membentuk pribadi balita kita melalui mendongeng. Cerita dongeng buat balita sangat penting untuk bekal hidupnya kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar